Teks Eksposisi
Rencana Pembelajaran
Nama
sekolah :
SMA Negeri 8 Merangin
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : X Fase E/1 (Ganjil)
Topik/Materi : Konsep/Isi Teks Eksposisi
Alokasi
waktu : 2 x 45 menit
Tanggal
Pelaksanaan :
Kompetensi Dasar :
3.3
Mengidentifikasi (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan
atau dibaca
4.3 Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis
Tujuan Pembelajaran:
Setelah
melakukan serangkaian kegiatan pembelajaran,
· Murid dapat mengidentifikasi
dan menjabarkan konsep (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
· Murid dapat mengembangkan dan menyampaikan isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi baik secara lisan dan/tulis
Alat/Bahan dan
Sumber:
1. Alat/Bahan :
· Infokus
· Handpone/android
· internet
2. Sumber :
· Buku Paket Cerdas Berbahasa Indonesia Kelas X SMA/MA. Edisi
Revisi. Jakarta: Erlangga. 2016
· Buku Penunjang,
Bahasa Indonesia Kelas X. Edisi Revisi. Kemdikbud. 2016
· Blogguru http://callidewi.blogspot.som
· Chanenl https://youtu.be/ssv1LAmz9YM
· Koran online
· Lingkungan sekitar
Kegiatan Pembelajaran:
·
Pendahuluan (15
menit)
1.
Guru
membuka pembelajaran dengan melakukan Kegiatan Awal Rutin. Kegiatan rutin ditujukan untuk membangun suasana pembelajaran yang
positif danmempersiapkan murid untuk melakukan kegiatan pembelajaran
selanjutnya(kesadaran
diri, pengelolaan diri) yaitu dengan:
ü Dengan menggunakan Slide Bagan/Gambar Identify Your Feelings untuk mengidentifikasi perasaan kita saat awal akan dimulainya pembelajaran
ü Murid memilih dari lingkaran warna dan perasaan yang ditayangkan atau
disajikan, kemudian mengungkapkannya secara jujur
ü Melakukan olah nafas dengan kesadaran penuh selama satu menit untuk menata ketenangan hati
2.
Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan
pemantik yang berkaitan dengan permasalahan yang terjadi di sekitar murid.
Murid diminta menyampaikan permasalahan tersebut sebanyak mungkin. Misalnya,
apa yang sekarang menjadi polemik di desa kalian? (kurang lebih 10 menit)
3.
Murid diajak untuk refleksi, apakah mereka
dapat memberikan saran atas permasalahan yang terjadi sehingga akan menggiring
ke materi pokok (Memberikan kesempatan murid untuk memberikan pendapat, guru
dapat kesadaranmembangun koneksi/relasi
danrasa percaya)
4.
Guru membuat catatan dan menggunakan informasi
yang diperoleh untuk memetakan sejauh mana pengetahuan awal murid tentang teks
eksposisi.
·
Kegiatan Inti
Kegiatan pertama
(20 menit) Watch –
Find/Search -- Write
1.
Guru
meminta murid untuk menyimak tayangan video yang berkaitan dengan peta konsep
yang akan dipelajari (durasi video 2-3 menit) sambal mencatat konsep apa yang
harus dicari dan diidentifikasi baik dari membaca literatur (Buku Cerdas Berbahasa Indonesia, Engkos Kosasih,
Kelas X SMA/MA), buku penunjang lain, jelajah blogguru Kunti Dewi Hambawani
pada laman http://callidewi.blogspot.com, searching google, menonton youtube https://youtu.be/ssv1LAmz9YM atau laman lain
yang terkait materi
2. Setelah
kegiatan menonton tayangan video, murid diminta untuk membentuk kelompok
masing-masing 4 orang untuk mencari, mengidentifikasi, menemukan, menggali data
terakait dengan konsep tentangpengertian teks eksposisi, perbedaan eksposisi
dengan teks lain, dan unsur-unsur dalam teks eksposisi
ü permasalahan,
ü argumen
ü fakta
ü saran/rekomendasi
Kegiatan kedua
(20 menit)-- Share
1. Sesuai
dengan kelompok masing-masing guru meminta untuk mempresentasikan hasil bedah
konsep terkait pengertian teks eksposisi, perbedaan eksposisi dengan teks lain,
dan unsur-unsur dalam teks eksposisi. Masing-masing tiap anggota kelompok
mendapat kesempatan untuk berpresentasi sesuai kemampuan (kesadaran sosial).
2. Kelompok
lain diberikan kesempatan untuk menanggapi (penguatan atau sanggahan) secara
santun sebelum selesai menjelaskan.menjawab atau menanggapi, audiens tidak
boleh memotong penjelasan sebelum dipersilakan oleh moderator(kesadaran sosial).
3. Guru
melakukan arahan, pengamatan, dan penilaian saat kegiatan pembelajaran sambal.
Kemudian menjelaskan pentingnya memiliki empati dalam mendengarkan orang lain
menyampaikan pndapat.
· Penutup
1. Murid
melakukan refleksi sebagai:
Presentator
· Bagaimana
performan/sikap saat berpresentasi?
· Bagaimana
penggunaan kelancaran, kejelasan lafal, intonasi saat berpresentasi?
Audiens
· Bagaimana sikap manggapi/menyanggah
· Bagaimana
kelancaran, kejelasan lafal, intonasi, dan keefektivan kalimat saat menanggapi?
2. Guru
menanyakan seberapa penting materi ini bagi murid untuk peka terhadap masalah
yang terjadi di lingkungan daeram murid tinggal
3. Guru
memberikan apresiasi atas hasil belajar murid dan memberikan motivasi bermpati
ketika bersama dengan teman, keluarga, dan masyarakat atau komunitas.
Refleksi Guru (Jurnal Pembelajaran)
Guru mengambil waktu sejenak 2 -3 menit hening sejenak untuk untuk mengenali emosi, pikiran, dan perasaan. Setelah itu tuangkan apa yang dirasakan saat pembelajaran bersama murid, apa kendala yang ditemukan, bagaimana memecahkan nantinya. Jadikan rambu-rambu untuk pertemuan selanjutnya.
Penilaian
Penilaian
dilakukan saat pembelajaran berlangsung dengan menggunakan strategi observasi
dan presentation/response assessment
(penilaian presentasi/tanggapan). Penilaian portofolio berkaitan dengan hasil
bedah konsep Teks Eksposisi perkelompok
Lembar Kerja Peserta Didik
(LKPD)
SatuanPendidikan : SMAN 8 Merangin
Mata
Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : X Fase E /1
Materi : Konsep/Isi Teks Eksposisi
Waktu : 2 X 45 menit
Kompetensi yang diharapkan tercapai:
1. Pengetahuan tentang mengidentifikasi, membedah
konsep teks eksposisi (permasalahan,
argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan
atau dibaca
2. Keterampilan dalam mempresentasikan konsep secara berkelompok secara lisan atau tertulis
Langkah-langkah kegiatan:
- Lakukan aktivitas persiapan dengan mengucapkan Basamalah untuk yang muslim dan yang non berdoa sesuai agamanya sebelum memulai kegiatan.
- Konsentrasi tinggi untuk menonton tayangan video terkait peta konsep teks eksposisi dan contohnya
- Siapkan buku catatan, alat tulis
- Siapkan buku paket, buku penunjang, HP/android dengan akses internet
- Secara kelompok, identifikasi konsep pengertian teks eksposisi, perbedaan teks eksposisi dengan teks lain, dan unsur-unsur eksposisi (permasalahan, argument, fakta, saran/rekomendasi)
- Secara kelompok,
mempresentasikan isi konsep pengertian teks eksposisi, perbedaan teks eksposisi
dengan teks lain, dan unsur-unsur eksposisi (permasalahan, argument, fakta,
saran/rekomendasi)
- Kelompok lain
menanggapi dengan penguatan atau sanggahan
- Kumpulkan
portofolio bedah konsep terkait Teks Eksposisi
RubrikPenilaian
Rubrik Penilaian Kinerja Pemahaman Menyimak isi ceramah
Kegiatan : Individu/Kelompok
Nama : …
Tanggal :…
No. |
AspekyangDinilai |
TingkatKemampuan |
||||
1 |
Pemahamanterhadapkonsep tentang
pengertian Teks Eksposisi |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
2 |
Pemahamanterhadap konsep tentang unsur-unsur Teks
Eksposisi |
|
|
|
|
|
3 |
Pemahaman terhadap konsep tentang
perbedaan Teks Eksposisi dengan teks
lain |
|
|
|
|
|
4 |
Keruntunanpengungkapan |
|
|
|
|
|
5 |
Kelancaran/ kejelasan pengungkapan |
|
|
|
|
|
6 |
Ketepatandiksi/ lafal |
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
=Nilai= |
|
Keterangan
tingkat kemampuan:
1.
Tidak
ada unsur yang benar :
Kurang sekali
2.
Ad asedikit
unsurbenar :
Kurang
3.
Jumlah unsur benar dan unsur salah seimbang : Sedang
4.
Ketepatan tinggi dengan sedikit kesalahan : Baik
5.
Tidak ada kesalahan, atau hampir tidak ada kesalahan : Sangat baik
Skormaksimal: 25
Penghitungan nilai akhir dalam skala 0–100 adalah sebagai berikut Nilai Akhir
Lembar Observasi
Guru melingkari nomor yang sesuai dengan perilaku siswa
Kegiatan : Individu/Kelompok
Nama :
Tanggal :
Individu |
Kelompok |
1. Mengerjakan
tugas dengan mandiri |
1. Terlibat aktif dalam setiap tahapan selama mengerjakan tugas 2. Terlibat pasif |
3.
Percayakemampuandirisendiri |
3. Berkomentarsecarapositif |
5.
Tugas dikumpulkan sesuai jadwal |
5. Menghargaiupayarekansekelompok |
7.
Berpikir kritis dalam menyampaikan gagasan |
7. Negosisasi
dalam kelompok untuk mencari kesepakatan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar