Satuan
Pendidikan : SMAN 8 Merangin
Mata
Pelajaran : Bahasa
Indonesia
Kelas : XII
Kompetensi
Inti :
·
KI-1 dan KI-2 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun,
peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab,
responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan
perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan
alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·
KI-3 :
Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
·
KI-4 :
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam
ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.1 Mengidentifikasi isi dan sistematika surat
lamaran pekerjaan yang dibaca
|
Surat Lamaran Pekerjaan:
· identifikasi surat
· Isi
· Sistematika
· Bahasa
· Lampiran
· Kalimat efektif.
|
· Mendata sistematika dan isi surat lamaran pekerjaan
· Menyimpulkan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran
pekerjaan
· mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran pekerjaan.
|
4.1 Menyajikan simpulan sistematika dan
unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.2 Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat
lamaran pekerjaan
|
Surat Lamaran Pekerjaan:
· unsur kebahasaan;
· penulisan EYD; dan
· daftar riwayat hidup.
|
· Mendata ciri kebahasaan surat lamaran pekerjaan
· Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi,
sistematika, dan kebahasaan.
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi surat lamaran
pekerjaan yang telah disusun
|
4.2 Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan
memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan
|
||
3.3 Mengidentifikasi informasi, yang mencakup
orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi,
dalam cerita sejarah lisan atau tulis
|
Teks cerita (novel) sejarah
· struktur teks cerita sejarah;
· isi teks cerita sejarah;
· nilai-nilai cerita (novel) sejarah; dan
· kebahasaan teks cerita sejarah.
|
· Mendata struktur (orientasi, rangkaian kejadian yang saling
berkaitan, komplikasi dan resolusi), nilai-nilai, hal-hal yang menarik dalam
cerita (novel) sejarah.
· Menyusun kembali nilai-nilai dari cerita (novel) sejarah ke
dalam teks eksplanasi
· Mempresentasikan, menanggapi, merevisi teks eksplanasi yang
disusun
|
4.3 Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi
cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi
|
||
3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel
sejarah
|
Teks cerita (novel) sejarah
· kebahasaan cerita (novel) sejarah;
· unsur-unsur cerita;
· topik; dan
· kerangka karangan.
|
· Mendata kebahasaan dan
unsur-unsur cerita sejarah yang
tersaji
· Menyusun teks cerita (novel) sejarah pribadi
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi teks cerita (novel) sejarah yang telah
ditulis
|
4.4 Menulis cerita sejarah pribadi dengan
memerhatikan kebahasaan
|
||
3.5 Mengidentifikasi informasi (pendapat,
alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
|
Teks
Editorial:
· isi teks editorial;
· pendapat;
· ragam informasi; dan
· simpulan.
|
· Menemukan pendapat, alternatif solusi, dan simpulan,
informasi-informasi penting, dan ragam informasi sebagai bahan teks editorial
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi informasi berupa
pendapat, alternatif solusi, dan simpulan, informasi-informasi penting, dan
ragam informasi sebagai bahan teks editorial.
|
4.5 Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan
teks editorial baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.6 Menganalisis struktur dan kebahasaan teks
editorial
|
Teks
Editorial:
· struktur;
· unsur kebahasaan;
· topik; dan
· kerangka karangan.
|
· Menentukan struktur dan unsur kebahasaan dalam teks editorial
· Menyusun teks editorial
yang sesuai topik, struktur, dan
kebahasaan
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi topik, kerangka,
stuktur, unsur kebahasaan, dan teks editorial yang telah disusun
|
4.6 Merancang teks editorial dengan
memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.7 Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan
cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang
dibaca
|
Buku
Pengayaan:
· nilai-nilai dalam novel (agama, sosial, budaya, moral, dll);
· kaitan nilai dalam novel dengan kehidupan;
· amanat dalam novel; dan
· laporan hasil membaca buku.
|
Laporan Hasil Membaca Buku
· Menyusun Laporan buku fiksi yang dibaca.
· Mempresentasikanlaporan yang ditulisnya di depan kelas.
· Menanggapi laporan yang dipresentasikan
|
4.7 Menyusun laporan hasil diskusi buku
tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.8 Menafsir pandangan pengarang terhadap
kehidupan dalam novel yang dibaca
|
· Pandangan pengarang
|
· Menentukan pandangan pengarang terhadap kehidupan nyata dalam
novel yang dibaca
· Mempresentasikan dan menanggapi pandangan pengarang.
|
4.8 Menyajikan hasil interpretasi terhadap
pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel
|
· Unsur intrinsik dan ekstrinsik
· Unsur kebahasaan
·
Ungkapan
·
Majas
·
Peribahasa
|
· Menemukan isi (unsur intrinsik dan ekstrinsik) dan kebahasaan
(ungkapan, majas, peribahasa) novel
· Menyusun novel berdasarkan rancangan
· Mempresentasikan, mengomentari, dan merevisi unsur-unsur
intrinsik dan kebahasaan novel, dan hasil penyusunan novel
|
4.9 Merancang novel atau novelet dengan
memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.10 Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun
opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
|
· Artikel.
· masalah
· fakta dan opini
· penyusunan opini
· topik
· masalah
· kerangka
|
· Mengkritisimasalah, fakta, opini, dan aspek kebahasaan dalam
artikel.
· Menulis opini dalam bentuk artikel dengan memerhatikan
unsur-unsur artikel.
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi fakta dan opini,
unsur kebahasaan, pengungkapan opini dan hasil menyusunan opini dalam bentuk
artikel.
|
4.10 Menyusun opini dalam bentuk artikel
|
||
3.11 Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau
buku ilmiah
|
Artikel:
· Masalah;
· fakta dan opini;
· penyusunan opini
·
topik
·
masalah
·
kerangka
·
Persamaan dan perbedaan
penggunaan bahasa.
|
· Menemukan unsur kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
· Menyusun artikel dan/atau buku ilmiah sesuai dengan fakta
· Mempresentasikan, menanggapi, dan merevisi unsur kebahasaan
artikel yang telah disusun,
|
4.11 Mengonstruksi sebuah artikel dengan
memerhatikan fakta dan kebahasaan
|
||
3.12 Membandingkan kritik sastra dan esai dari
aspek pengetahuan dan pandangan penulis
|
Kritik dan Esai:
·
pengertian kritik;
·
jenis-jenis esai;
·
bagian-bagian esai
(pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan kritik dan esai;
dan
·
penyusunan kritik dan esai.
|
· Menentukan unsur-unsur kritik dan esai, persamaan dan
perbedaan kritik dan esai, dari aspek pengetahuan
dan pandangan
· Menulis kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan
dan pandangan tertulis
· Mempresentasikan, menanggapi, merevisi kritik dan esai yang
telah ditulis
|
4.12 Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan
aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.13 Menganalisis sistematika dan kebahasaan
kritik dan esai
|
Kritik dan Esai
·
pengertian kritik dan esai;
·
jenis-jenis kritik dan esai;
·
bagian-bagian kritik dan esai
(pembukaan, isi, penutup);
·
perbedaan kritik dan esai;
dan
·
penyusunan kritik dan esai
|
· Menemukan isi dan sistematika, kebahasaan kritik dan esai
· Menyusun kritik dan esai berdasarkan konstruksi dengan
memerhatikan sistematika dan kebahasaan
· Mempresentasikan,
Memberikan penilaian terhadap kritik dan esai berdasarkan sistematika
dan kebahasaan
|
4.13 Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan
memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis
|
||
3.14 Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat
dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
·
Laporan hasil pembacaan buku
dan drama fiksi
|
· Menyusun laporan yang berisi refleksi nilai-nilai dalam
kehidupan nyata dari buku fiksi/nonfiksi yang dibaca.
· Mempresentasikanlaporan buku yang ditulisnya
|
4.14 Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang
terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
|
Merangin,
14 Juli 2018
Mengetahui, ,
Kepala SMA
Negeri 8 Merangin Guru
Mata Pelajaran,
Hj. Ade Erma Suryani, S.Pd Kunti Dewi Hambawani, S.Pd.
NIP196806181991012001 NIP
197911032008012002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar