Minggu, 24 Februari 2019

Prota


PROGRAM TAHUNAN
                                                                                                                                   
Mata Pelajaran                      :        Bahasa Indonesia
Satuan Pendidikan                :        SMA Negeri 8 Merangin
Kelas / Semester                     :        XII / Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran                    :        2018/ 2019

Komptensi Inti :
·         KI-1 dan KI-2: Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
·         KI 3    : Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
·         KI4     :   Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

SMT
KOMPETENSI  DASAR
Alokasi Waktu
1
3.1     Mengidentifikasi isi dan sistematika surat lamaran pekerjaan yang dibaca
12 JP
4.1     Menyajikan simpulan sistematika dan unsur-unsur isi surat lamaran baik secara lisan maupun tulis

1
3.2     Mengidentifikasi unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan
8 JP
4.2     Menyusun surat lamaran pekerjaan dengan memerhatikan isi, sistematika dan kebahasaan

1
3.3     Mengidentifikasi informasi, yang mencakup orientasi, rangkaian kejadian yang saling berkaitan, komplikasi dan resolusi, dalam cerita sejarah lisan atau tulis
12 JP
4.3     Mengonstruksi nilai-nilai dari informasi cerita sejarah dalam sebuah teks eksplanasi

1
3.4     Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah
12 JP
4.4     Menulis cerita sejarah pribadi dengan memerhatikan kebahasaan

1
3.5     Mengidentifikasi informasi (pendapat, alternatif solusi dan simpulan terhadap suatu isu) dalam teks editorial
8 JP
4.5     Menyeleksi ragam informasi sebagai bahan teks editorial baik secara lisan maupun tulis

1
3.6     Menganalisis struktur dan kebahasaan teks editorial
12 JP
4.6     Merancang teks editorial dengan memerhatikan struktur dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

1
3.7     Menilai isi dua buku fiksi (kumpulan cerita pendek atau kumpulan puisi) dan satu buku pengayaan (nonfiksi) yang dibaca
12 JP
4.7     Menyusun laporan hasil diskusi buku tentang satu topik baik secara lisan maupun tulis

1
3.8     Menafsir pandangan pengarang terhadap kehidupan dalam novel yang dibaca
8 JP
4.8     Menyajikan hasil interpretasi terhadap pandangan pengarang baik secara lisan maupun tulis

2
3.9     Menganalisis isi dan kebahasaan novel
8 JP
4.9     Merancang novel atau novelet dengan memerhatikan isi dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

2
3.10   Mengevaluasi informasi, baik fakta maupun opini, dalam sebuah artikel yang dibaca
12 JP
4.10   Menyusun opini dalam bentuk artikel

2
3.11   Menganalisis kebahasaan artikel dan/atau buku ilmiah
8 JP
4.11   Mengonstruksi sebuah artikel dengan memerhatikan fakta dan kebahasaan

2
3.12   Membandingkan kritik sastra dan esai dari aspek pengetahuan dan pandangan penulis
12 JP
4.12   Menyusun kritik dan esai dengan memerhatikan aspek pengetahuan dan pandangan penulis baik secara lisan maupun tulis

2
3.13   Menganalisis sistematika dan kebahasaan kritik dan esai
12 JP
4.13   Mengonstruksi sebuah kritik atau esai dengan memerhatikan sistematika dan kebahasaan baik secara lisan maupun tulis

2
3.14   Mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)
8 JP
4.14   Menulis refleksi tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sebuah buku pengayaan (nonfiksi) dan satu buku drama (fiksi)


                                          
                                                                                                                                                    Merangin, 14 Juli 2018                                                                      
Mengetahui,                                                        
Kepala SMA Negeri 8 Merangin                                                                       Guru Mata Pelajaran,
                                                                                                                                                                                                                     

Hj. Ade Erma Suryani, S.Pd                                                                           Kunti Dewi Hambawani, S.Pd.
NIP 196806181991012001                                                                                NIP 197911032008012002
                                                                                                                                                                              

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Artikel Sastra

Kalian dalam Sebuah Episode